ads

Apa tujuan omnibus law Ciptaker sebenarnya?

Ada beberapa tujuan mengapa pemerintah menerapkan metode Omnibus Law selain alasan tersebut yaitu : Menciptakan iklim usaha yang atraktif dan juga kondusif bagi para investor, khususnya investor asing. Membuat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan dengan lebih cepat. Salah satunya dengan UU Cipta Kerja.

Yang dimaksud dengan undang-undang omnibus Law?

Omnibus Law adalah konsep hukum yang menitikberatkan pada penyederhanaan jumlah regulasi karena sifatnya yang merevisi dan mencabut banyak undang-undang sekaligus.

Isi UU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja

  1. Penyederhanaan perizinan berusaha.
  2. Persyaratan investasi.
  3. Ketenagakerjaan.
  4. Kemudahan dan perlindungan UMKM.
  5. Kemudahan berusaha.
  6. Dukungan riset dan inovasi.
  7. Administrasi pemerintahan.
  8. Pengenaan sanksi.

Undang-undang sapu jagat

Undang-undang sapu jagat atau undang-undang omnibus (bahasa Inggris: Omnibus bill atau omnibus law) adalah istilah untuk menyebut suatu undang-undang yang bersentuhan dengan berbagai macam topik dan dimaksudkan untuk mengamandemen, memangkas dan/atau mencabut sejumlah undang-undang lain. Undang-Undang Sapu Jagat Konsep undang-undang itu umumnya ditemukan dalam sistem hukum umum seperti Amerika Serikat, dan jarang ditemui dalam sistem hukum sipil seperti di Indonesia. Karena ukuran dan cakupannya yang luas, perdebatan dan pengawasan terhadap peracangan undang-undang sapu jagat umumnya dibatasi. Dalam sejarahnya, undang-undang sapu jagat adakalanya digunakan untuk melahirkan amendemen yang kontroversial. Oleh sebab itu, beberapa kalangan menilai undang-undang sapu jagat bertentangan dengan demokrasi.

Contoh Undang-Undang Sapu Jagat

Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, undang-undang sapu jagat terkadang dikenal sebagai undang-undang “Jelek Besar” (The Big Ugly). Contohnya termasuk undang-undang rekonsiliasi, alokasi gabungan, dan bantuan dan klaim pribadi.

Filipina

Filipina memiliki undang-undang sapu jagat terkait investasi, yakni The Omnibus Investment Code, yang berisikan serangkaian peraturan terkait pembangunan nasional.
Tayangan !
CNN International

Indonesia

Pada tahun 2020, DPR mewacanakan empat undang-undang sapu jagat untuk mendorong investasi di Indonesia, yakni RUU Cipta Kerja, RUU Perpajakan untuk Penguatan Ekonomi, RUU Kefarmasian, dan RUU Ibu Kota Negara. RUU Cipta Kerja disebut akan memangkas dan menyederhanakan aturan dari 1244 pasal dari 79 undang-undang terkait investasi. Pembahasan RUU ini menuai kontroversi di tengah masyarakat.

Omnibus Law Ciptaker

Catatan kaki

  1. “Menggagas Undang-Undang Sapu Jagat”. SINDOnews.com. Diakses tanggal 2020-02-18.
  2. “Omnibus Law, UU “Sapu Jagad” di Bidang Hukum | Indonesia Baik”. indonesiabaik.id.
  3. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-17. Diakses tanggal 2020-02-18.
  4. “Omnibus bills in Hill history”. Lorne Gunter. Sun Media. 18 June 2012. Diakses tanggal 18 June 2013.
  5. “Omnibus Legislation, AKA the ‘Big Uglies’ – Is this the right move for Congress now? By Mark Pacilio”. Utica College Center of Public Affairs and Election Research.
  6. Niedzwiadek, Nick; Lippman, Daniel. “‘Big Ugly’ murmurs arise in Albany – New York City investigating parking pre-crime – Iowa poll brutal for Gillibrand, worse for de Blasio”. POLITICO.
  7. “Penerapan Undang-undang Sapu Jagat Omnibus Law di Dunia”. SINDOnews.com. Diakses tanggal 2020-02-18.
  8. Liputan6.com (2020-01-21). “Plus Minus Regulasi Sapu Jagat Omnibus Law”. liputan6.com. Diakses tanggal 2020-02-18.
  9. Umar, Ali (2020-01-27). “Salah Kaprah Undang-Undang Sapu Jagat”. Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-18.
  10. “Eks Ketua MK: Omnibus Law UU Ciptaker Bisa Fatal & Dibatalkan”. Times ID. Diakses tanggal 2021-06-08.
Content Protection By Dmca.com

Post Disclaimer Negaraku Indonesia

Informasi yang terkandung dalam posting ini adalah untuk tujuan informasi umum saja. Informasi ini disediakan oleh Negaraku Indonesia dengan judul Tujuan Omnibus Law Ciptaker dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap mutakhir dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan sehubungan dengan situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada kiriman untuk tujuan apa pun.

Kebijakan Streaming Tujuan Omnibus Law Ciptaker

Berikut Kebijakan dari live streaming Negaraku Indonesia :

  1. Untuk kebijakan privasi silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-privasi/.
  2. Untuk kebijakan media siber silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-media-siber/.
Apa tanggapan Anda?
0 tanggapan
Love
Love
0
Smile
Smile
0
Haha
Haha
0
Sad
Sad
0
Star
Star
0
Weary
Weary
0
Apakah TV Digital ini membantu ?
YaTidak
ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini