ads

Kuliah Kerja Nyata apa itu ?

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejarah Kuliah Kerja Nyata

Pada tahun 1971 Direktur Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tiga universitas yaitu Universitas Andalas di bagian barat, Universitas Gadjah Mada di bagian tengah, dan Universitas Hasanuddin di bagian timur, sebagai perintis proyek kegiatan pengabdian masyarakat. Proyek perintis ini dikenal dengan nama Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat. Hasil laporan dan evaluasi dari ketiga perguruan tinggi perintis proyek ini dipaparkan pada Rapat Rektor Universitas atau Institut Negeri pada bulan Maret 1972, setelah selesai rapat tersebut Direktur Pendidikan Tinggi meminta 13 Universitas di 13 provinsi untuk melaksanakan proyek perintis kuliah kerja nyata pada tahun ajaran 1973-1974. Kuliah Kerja Nyata Dan Pembagian Uraian Jabatan Universitas Gadjah Mada bertindak sebagai universitas pembina, sedangkan dua belas universitas lainnya termasuk kategori universitas madya, keduabelas universitas tersebut adalah: Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatra Utara, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Pattimura. Pada awal perkembangannya, KKN hanya merupakan paduan dari dua dharma yaitu pengajaran dan pengabdian masyarakat, seiring perkembangannya kkn juga meliputi dharma penelitian. Perpaduan tri dharma perguruan tinggi pada mewujudkan KKN sebagai salah satu sub-sistem pendidikan tinggi di Indonesia.

Sebuah Pengalaman KKN dikecamatan Jabung

Seperti apa pengalaman saya ? berikut kisah saya ketika KKN dikecamatan Jabung.

Pemilihan Ketua Kelompok

Waktu itu saya masih aktif bekerja pada Management Information System (MIS) pada kampus tapi di samping sisi juga melaksanakan KKN di suatu tempat di Kecamatan Jabung kalo tidak salah saya ada di kelompok 2 tepat di pintu gerbang memasuki Kecamatan Jabung dan dekat dengan balai desa. Saat memasuki aula sarwakirti saya datang terlambat karena ada kesibukan pada Management Information System Catatan (1)Management Information System merupakan tempat server utama untuk mengatur lalu lintas data mahasiswa, dosen dan lain-lain juga website kampus, oya dulu saya pernah diberi sub-domain oleh kampus pada … Lanjut membaca Saat pemilihan ketua kelompok teman-teman memilih saya padahal saya kurang bisa untuk menjadi kelompok akhirnya saya menolak kemudian saya menunjuk ketua kelompok yang lain, tapi saya lupa namanya (muslim dan berkaca mata sayangnya dia kurang tegas) posisi saya waktu itu menjadi wakil kelompok namun cara kinerja dan lain-lain saya yang menggerakkkan.

Tempat Kost untuk berkumpul

Waktu itu untuk kost perempuan dan laki-laki dipisah, yang laki-laki masuk gang, saya lupa gang apa itu namun rumah kost-kost-an itu milik orang beragama muslim setara ustad atau kiai. Yang kost-kost-an milik perempuan milik pegawai kantor balai desa. Nah saya memutuskan kost di tempat perempuan karena tempatnya strategis untuk mengumpulkan anggota kelompok karena secara transportrasi cocok sekali. Tapi tempat saya di lantai dua untuk perempuan di lantai satu. Tempatnya tepat dipinggir jalan dan dekat sekali dengan pujasera bisa juga untuk kumpul-kumpul.
Tayangan !
Apa Jadinya Kalau Cuma Ada Satu Suku di Indonesia

Pembagian Tugas KKN dikecamatan Jabung

Saat pembagian tugas hari kedua saya kumpulkan kelompoknya kira-kira sejumlah 20 orang lebih (maaf lupa-lupa ingat karena sudah lama sekali). Saya tahu mereka dari jurusan apa saja dan mereka juga mengenalkan sendiri baik dari segi nama, jurusan kuliah dan bisa apa. Tujuannya agar saya bisa menempatkan mereka ketempat sesuai kemampuan (skill) dan saya bertanya kira-kira kamu bisa apa sekarang ? karena itu bagian nilai plus untuk menyelesaikan program kerja (proker), perkara nilai kuliah buruk bagi saya tidaklah penting, hal paling penting bagi saya 2 point : kemampuan dan bisa apa mungkin ada yang lain ?
Pembagian Tugas Kkn Dikecamatan Jabung Yang Solid
Gambar Pemanis (Hiasan).
Pada kelompok saya ada jurusan Agama, PPKN, Hukum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), Manajemen Informasi (MI), Ekonomi, Matematika, Fisika, PGSD, Peternakan dan masih banyak lainnya.

Pembagian Tugas Menurut Kemampuan

Ini adalah sekian contoh kecil pembagian tugas waktu saya KKN dikecamatan Jabung :
  1. Jurusan Agama, PPKN dan Hukum saya jadikan satu : Tugas membuka ekstrakulikuler ngaji dan mengajar di sekolahan SD.
  2. Jurusan Peternakan, Ekonomi, Matematika, Sistem Informasi (SI) dan Manajemen Informasi (MI) saya jadikan satu : membantu masyarakat misalnya tentang ekonomi, pertanian dan teknologi untuk diterapkan pada desa tersebut.
  3. Jurusan Fisika, PGSD, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris saya jadikan satu untuk mengajar juga di sekolahan SD sesuai kemampuan masing-masing.
Dan masih banyak lainnya program kerja (proker) lainnya yang saya atur waktu itu, mulai jam 08:00 – sore/selesai. Setiap selesai magrib kelompok kita kumpul jadi satu untuk menceritakan pengalaman masing-masing setelah itu saya memerintahkan membuat laporan setiap program kerjanya masing-masing gunanya untuk laporan tugas KKN dikecamatan Jabung setiap waktu sebagai tugas gerak cepat. KKN kita waktu itu berlangsung satu bulan dan pengerjaan tugas diberi waktu 2 bulan seingat saya. Namun dikelompok dua (kelompok saya) lebih cepat selesainnya karena setiap selesai mengerjakan program kerja (proker) langsung bikin laporan. Pembagian Tugas Menurut Kemampuan Jadi waktu 2 bulan sama dengan 60 hari KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama 30 hari, dalam pengerjaan program kerja dikerjakan selama 40 hari jika KKN 30 hari ditembah 60 hari pengerjaan program kerja kita hanya membutuhkan 40 hari saja hasil dari 90 hari – 40 hari = 50 hari leha-leha istilahat. kelompok lain masih bingung garap program kerja. Kita sistemnya menyelam sambil minum air, susah di depan senang-senang dibelakang.

Video Penjelasan Apa Itu Kuliah Kerja Nyata

Mungkin membaca tulisan saya agak membingungkan, lebih baik kumpul bareng sambil ngopi untuk berbagi pengalaman. Saya diam kalo tidak ditanya karena saya mau ngomong apa ? Itu hanya sekilas cerita sebenarnya panjang sekali pengalaman saya dan teman-teman saya waktu itu.
Content Protection By Dmca.com

Referensi

Referensi
1 Management Information System merupakan tempat server utama untuk mengatur lalu lintas data mahasiswa, dosen dan lain-lain juga website kampus, oya dulu saya pernah diberi sub-domain oleh kampus pada server utama secara cuma-cuma.

Post Disclaimer Negaraku Indonesia

Informasi yang terkandung dalam posting ini adalah untuk tujuan informasi umum saja. Informasi ini disediakan oleh Negaraku Indonesia dengan judul Pengalaman Kuliah Kerja Nyata dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap mutakhir dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan sehubungan dengan situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada kiriman untuk tujuan apa pun.

Kebijakan Streaming Pengalaman Kuliah Kerja Nyata

Berikut Kebijakan dari live streaming Negaraku Indonesia :

ads
  1. Untuk kebijakan privasi silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-privasi/.
  2. Untuk kebijakan media siber silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-media-siber/.
Apa tanggapan Anda?
0 tanggapan
Love
Love
0
Smile
Smile
0
Haha
Haha
0
Sad
Sad
0
Star
Star
0
Weary
Weary
0
Apakah TV Digital ini membantu ?
YaTidak
ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini