ads

Ada Berapa Suku di Indonesia

Ada lebih dari 300 kelompok etnik atau suku di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari total populasi. Orang Jawa kebanyakan berkumpul di pulau Jawa, akan tetapi jutaan jiwa telah bertransmigrasi dan tersebar ke berbagai pulau di Nusantara bahkan bermigrasi ke luar negeri seperti ke Malaysia dan Suriname. Suku Sunda, Suku Batak, dan Suku Madura adalah kelompok terbesar berikutnya di negara ini. Catatan (1)Informasi selengkapnya tentang Suku di Indonesia bisa di lihat pada tautan berikut https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia. Ada Berapa Suku Di Indonesia

Pengertian Suku Bangsa

Sempat terfikirkan oleh saya apa jadinya jika hanya ada satu suku di Indonesia. Sebelum kita melangkah jauh apa itu suku ? Suku adalah Kelompok etnik, etnis atau suku bangsa adalah suatu golongan atau kelompok manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama. Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut seperti kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, dan ciri-ciri biologis. Kalau Cuma Ada Satu Suku Di Indonesia Menurut pertemuan internasional tentang tantangan-tantangan dalam mengukur dunia etnis pada tahun 1992, “Etnisitas adalah sebuah faktor fundamental dalam kehidupan manusia. Ini adalah sebuah gejala yang terkandung dalam pengalaman manusia” meskipun definisi ini sering kali mudah diubah-ubah. Yang lain, seperti antropolog Fredrik Barth dan Eric Wolf, menganggap etnisitas sebagai hasil interaksi, dan bukan sifat-sifat hakiki sebuah kelompok.
Tayangan !
TV Indosiar
Proses-proses yang melahirkan identifikasi seperti itu disebut etnogenesis. Secara keseluruhan, para anggota dari sebuah kelompok suku bangsa mengklaim kesinambungan budaya melintasi waktu, meskipun para sejarawan dan antropolog telah mendokumentasikan bahwa banyak dari nilai-nilai, praktik-praktik, dan norma-norma yang dianggap menunjukkan kesinambungan dengan masa lalu itu pada dasarnya adalah temuan yang relatif baru.

Garis Keturunan Suku Bangsa

Keturunan Suku Bangsa Anggota suatu suku bangsa pada umumnya ditentukan menurut garis keturunan ayah (patrilinial) seperti suku Batak, menurut garis keturunan ibu (matrilineal) seperti suku Minang, atau menurut keduanya seperti suku Jawa. Ada pula yang ditentukan menurut agamanya, sebutan Melayu di Malaysia untuk orang bumiputera yang muslim, orang Serani bagi yang beragama Kristen (peranakan Portugis seperti orang Tugu), suku Muslim di Bosnia, orang Moro atau Bangsa Moro di Filipina Selatan dan sebagainya.

Suku Bangsa Campuran

Terdapat suku bangsa berdasarkan percampuran ras seperti Orang Peranakan yang merupakan campuran bangsa Melayu dengan Tionghoa, orang Indo sebutan campuran bule dengan bangsa Melayu, orang Mestizo untuk campuran Hispanik dengan bumiputera, orang Mulato campuran ras Negroid dengan ras Kaukasoid, Eurosia, dan sebagainya.
Content Protection By Dmca.com

Referensi

Referensi
1 Informasi selengkapnya tentang Suku di Indonesia bisa di lihat pada tautan berikut https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_bangsa_di_Indonesia.

Post Disclaimer Negaraku Indonesia

Informasi yang terkandung dalam posting ini adalah untuk tujuan informasi umum saja. Informasi ini disediakan oleh Negaraku Indonesia dengan judul Apa Jadinya Kalau Cuma Ada Satu Suku di Indonesia dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap mutakhir dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan sehubungan dengan situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada kiriman untuk tujuan apa pun.

Kebijakan Streaming Apa Jadinya Kalau Cuma Ada Satu Suku di Indonesia

Berikut Kebijakan dari live streaming Negaraku Indonesia :

ads
  1. Untuk kebijakan privasi silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-privasi/.
  2. Untuk kebijakan media siber silahkan kunjungi tautan https://negara.my.id/kebijakan-media-siber/.
Apa tanggapan Anda?
0 tanggapan
Love
Love
0
Smile
Smile
0
Haha
Haha
0
Sad
Sad
0
Star
Star
0
Weary
Weary
0
Apakah TV Digital ini membantu ?
YaTidak
ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini